Kamis, 22 April 2021

Prospek Wirausaha Digital Bagi Generasi Muda

Halo teman-teman dan Sobat Dunia Kampus!! Kali ini saya akan berbagi mengenai essay yang berjudul Prospek Wirausaha Digital Bagi Generasi Muda. Yuk disimak! Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua!

PENDAHULUAN

          Penggunaan teknologi digital saat ini sudah semakin meluas di Indonesia. Tidak hanya pada generasi muda, bahkan para orang tua juga sudah tidak asing dengan adanya teknologi digital. Hal ini memberikan dampak terhadap timbulnya perubahan gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia usaha. Dengan teknologi digital peluang usaha lebih cepat berkembang. Siapapun dapat menjalankan usaha dengan mudah. Tanpa modal yang besar dan tempat usaha yang luas pun seseorang sudah dapat menjalankan usahanya. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seseorang sudah dapat melakukan promosi dan membentuk market place atau pasarnya sendiri di internet melalui facebook, instagram, atau website lainnya. Para pelaku bisnis dapat dengan mudah menjangkau konsumen. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya wirausaha digital melalui bisnis online yang bermunculantidak terkecuali dari kalangan generasi muda termasuk mahasiswa. Mayoritas para generasi yang saat ini mampu menggunakan teknologi membuat mereka dapat berpikir lebih kreatif dan tidak membuang kesempatan yang ada.Penggunaan teknologi digital saat ini sudah semakin meluas di Indonesia. Tidak hanya pada generasi muda, bahkan para orang tua juga sudah tidak asing dengan adanya teknologi digital. Hal ini memberikan dampak terhadap timbulnya perubahan gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia usaha. Dengan teknologi digital peluang usaha lebih cepat berkembang. Siapapun dapat menjalankan usaha dengan mudah. Tanpa modal yang besar dan tempat usaha yang luas pun seseorang sudah dapat menjalankan usahanya. Dengan memanfaatkan teknologi digital, seseorang sudah dapat melakukan promosi dan membentuk market place atau pasarnya sendiri di internet melalui facebook, instagram, atau website lainnya. Para pelaku bisnis dapat dengan mudah menjangkau konsumen. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya wirausaha digital melalui bisnis online yang bermunculantidak terkecuali dari kalangan generasi muda termasuk mahasiswa. Mayoritas para generasi yang saat ini mampu menggunakan teknologi membuat mereka dapat berpikir lebih kreatif dan tidak membuang kesempatan yang ada.

ISI

          Wirausaha digital sendiri merupakan suatu kewirausahaan yang kegiatannya dilakukan secara digital, baik secara produk, distribusi, promosi, maupun lokasi usahanya. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam wirausaha digital, peluang usaha dapat diperoleh melalui media online. Tidak hanya itu, kegiatan pemasarannya pun dilakukan melalui media online. Pelaku wirausaha digital sendiri saat ini mayoritas merupakan para generasi muda termasuk mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh generasi muda yang saat ini memang sangat dekat dengan teknologi, semangat dari generasi muda yang terus terdorong untuk dapat hidup mandiri, dan dorongan untuk para mahasiswa menjadi agent of change bagi masyarakat.

          Dampak kewirausahaan digital saat ini juga tidak dapat dipungkiri sangat terasa bagi perekonomian Indonesia. Hal tersebut membuat kewirausahaan digital memiliki peran penting bagi kesejahteraan masyarakat. Banyaknya jumlah wirausaha yang menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara membuat peluang wirausaha sangat perlu ditingkatkan. Dengan adanya kewirausahaan digital dapat membuat peluang wirausaha berkembang lebih cepat. Indonesia yang memiliki masyarakat usia produktif yang tinggi sangat berpotensi mengembangkan peluang wirausaha tersebut. Terlebih lagi generasi muda yang sudah sepatutnya mudah dalam menggunakan teknologi dan memanfaatkan peluang yang ada menjadi sebuah kesempatan untuk dapat menjadi wirausahawan. Selain itu, kewirausahaan digital juga penting dalam mengurangi permasalahan ekonomi dan sosial masyarakat.

          Kewirausahaan digital tentunya memiliki peluang dan tantangan tersendiri. Terdapat beberapa tantangan dalam wirausaha digital yang harus dihadapi para wirausahawan, diantaranya transformasi digital yang semakin canggih, kecepatan, sumber daya manusia (SDM), selera masyarakat yang terus berubah, dan persaingan dunia usaha yang semakin tinggi. Tantangan tersebut tentunya harus disikapi dengan bijak oleh para wirausahawan. Wirausahawan harus dapat beradaptasi dan menghadapi tantangan yang ada agar usaha mereka tetap dapat bertahan. Walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi, para wirausahawan harus tetap dapat bersaing secara sehat dengan usaha lainnya.

          Selain tantangan,  wirausaha digital juga memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan di Indonesia. Peluang ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi di Indonesia. Harga internet yang tergolong murah dibanding negara lainnya membuat pengguna internet di Indonesia terus bertambah. Hal tersebut memungkinkan para wirausahawan mengembangkan wirausaha digital dengan segmen pasar yang luas. Para wirausahawan dapat lebih cepat dan praktis dalam melakukan promosi dan penjualan secara digital. Selain itu, adanya palapa ring yang terus berkembang dan tersebar ke seluruh Indonesia membuat koneksi internet dapat dijangkau lebih luas oleh masyarakat Indonesia. Cakupan jaringan 4G yang sudah lebih berkembang dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia juga membuat masyarakat dapat mengakses internet dengan lancar.

          Peluang lainnya, yaitu terdapat pada penggunaan media sosial di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia. Hal ini membuat besarnya peluang untuk mengembangkan bisnis online. Bahkan, saat ini bisnis online sudah banyak dilakukan oleh wirausahawan di Indonesia. Proses penjualan dan promosi yang mudah dilakukan membuat para wirausahawan mengembangkan usahanya ke arah wirausaha digital. Hal tersebut terbukti dengan maraknya e-commerce yang bermunculan di media sosial. Adanya sistem pembayaran digital juga semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian secara online. Hal ini membuat wirausaha digital berkembang pesat di Indonesia.

          Untuk dapat meraih peluang tersebut dan membangun wirausaha digital tentunya diperlukan kompetensi yang harus dimiliki generasi muda. Kompetensi pertama adalah komunikasi, komunikasi merupakan keterampilan penting yang harus dikuasai para wirausahawan. Keterampilan ini akan sangat berguna ketika wirausahawan menjelaskan ide mengenai produknya dan melakukan promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan komunikasi yang baik secara pribadi maupun profesional akan sangat membantu kesuksesan usaha tersebut. Kompetensi kedua adalah finansial, kecerdasan dalam mengendalikan arus kas sangat penting bagi para wirausahawan agar usaha tersebut dapat berjalan dengan lancar. Kompetensi ketiga adalah merek, merek atau citra dari suatu usaha merupakan hal yang penting. Dalam mengenalkan citra suatu usaha tidak hanya melalui produk usaha tersebut, tetapi juga melalui wirausahawan itu sendiri. Setiap cara berbicara, cara menanggapi orang lain, dan tindakan lainnya merupakan citra yang dibentuk wirausahawan tersebut. Perusahaan yang terkenal biasanya memiliki merek yang kuat dipengaruhi oleh para pendirinya.

          Kompetensi keempat adalah marketing, dalam berwirausaha tentunya strategi pemasaran merupakan hal penting. Suatu produk akan sulit diketahui masyarakat jika tidak dipasarkan dengan baik. Dalam wirausaha digital, para wirausahawan sebaiknya mendalami disiplin ilmu pemasaran digital untuk mengoptimalkan search engine atau mesin pencari dan pemasaran melalui media sosial. Kompetensi kelima adalah networking, dengan memperluas lingkup pertemanan, maka semakin luas pula lingkup jaringan suatu usaha. Dengan demikian, akan semakin kuat pondasi bisnis sorang wirausaha. Kompetensi keenam adalah automation, melakukan pekerjaan secara berulang akan mengurangi produktivitas wirausahawan. Oleh karena itu, otomatisasi melalui perangkat lunak dapat dilakukan agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisie serta tidak memerlukan banyak tenaga manusia.

          Kompetensi ketujuh adalah design, design tidak hanya sebagai tampilan suatu produk, tetapi juga merupakan penarik minat masyarakat untuk kepada produk tersebut. Oleh karena itu, keterampilan dalam membuat design sangat perlu dipelajari wirausahawan. Kompetensi kedelapan adalah analisis, kemampuan menganalisis sangat berperan penting dalam mengambil keputusan karena keputusan tidak hanya diambil dengan pertimbangan  intuisi tetapi juga perlu berdasarkan data. Kompetensi kesembilan adalah technical, keterampilan pemrograman sangat penting bagi wirausaha digital. Pemahaman sederhana algoritma dan cara berpikir terstruktur akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang kompleks. Kompetensi terakhir adalah learning, kemampuan untuk terus belajar akan membantu wirausahawan dalam terus berinovasi dari hal yang dipelajari.

KESIMPULAN

          Dari pemaparan di atas dapat dilihat bahwa dengan mempelajari kompetensi tersebutdan peluang wirausaha digital saat ini,maka prospek wirausaha digital sangat menjanjikan bagi generasi muda. Semua kompetensi tersebut merupakan kompetensi yang dapat dikuasai oleh generasi muda dengan terus belajar mengembangkan keterampilannya. Sehingga dapat memulai berwirausaha digital. Dengan menjalankan wirausaha digital tentunya para generasi muda dapat menghasilkan penghasilan sendiri dan menjadikannya sebagai mata pencaharian. Dengan demikian dapat memberikan perubahan yang positif terhadap perkembangan dunia wirausaha yang dapat menjadi penggerak bagi perekonomian Indonesia. Hal tersebut dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi bukti bahwa Indonesia sudah dapat beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dan dunia usaha yang semakin canggih. 

REFERENSI

Channel, Dedi Purwana. 2020, 19 September. “Wirausaha digital itu keren! #1". URL: https://youtu.be/CSuIqBJZcgA.

Channel, Dedi Purwana. 2020, 23 September. “Wirausaha digital itu keren! #2". URL: https://youtu.be/nOSKYkkI81A.

Hayati, Keumala. “Kewirausahaan Teknologi Digital: Potensi Pemberdayaan Pebisnis Milenial”. URL: repository.lppm.unila.ac.id.

Jurnal Entrepreneur. 2021. “Kenali Peluang & Tantangan Bisnis di Era Digital Saat Ini”. URL: https://www.jurnal.id/id/blog/kenali-peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/.

Masriani, Ida. dan Maryati, Wiwik. 2019. “Peluang Bisnis di Era Digital Bagi Generasi Muda Dalam Berwirausaha: Strategi Menguatkan Perekonomian" dalam Jurnal MEBIS Manajemen dan Bisnis Volume 4 Nomor 2 (hlm. 125-130). URL: http://mebis.upnjatim.ac.id/index.php/mebis/article/view/62/49.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Merawat Wajah Berjerawat

Haloo teman-teman dan Sobat Dunia Kampus !! Kali ini aku akan berbagi lagi beberapa tips dengan teman-teman. Tips kali ini cocok banget untu...